Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran
Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga SegiEmpat dan Lingkaran
Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran - Atikel ini saya akan membuat Program JavaScript untuk menghitung luas dan keliling dari Segitiga sama kaki, SegiEmpat dan juga lingkaran, namun pada program ini saya membuatnya dengan menggunakan METHOD.Method dalam pemrograman Java adalah sebuah blok program terpisah (diluar program utama) yang kita gunakan untuk mempermudah didalam membuat sebuah program, terutama program yang besar dan banyak melakukan beberapa hal yang sama.
Tujuannya agar memecah program kompleks menjadi bagian-bagian kecil sehingga nantinya dapat kita gunakan secara berulang-ulang tanpa harus menulis baris kode yang sama. Jika anda pernah mendengar istilah prosedur dan fungsi atau mungkin juga function, pada dasarnya sama. Namun dalam Java kita akan menyebutnya sebagai Method.
Pengertian Prosedur, Fungsi, dan Method :
- Prosedur adalah sebutan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Fungsi ini biasanya ditandai dengan kata kunci void.
- Fungsi adalah sebutan untuk fungsi yang mengembalikan nilai.
- Method adalah fungsi yang berada di dalam Class. Sebutan ini, biasanya digunakan pada OOP.
Karena saya menggunakan Method maka bentuk Programnya seperti berikut :
import
java.util.Scanner;
public
class tugas{
public static Scanner input = new
Scanner(System.in);
public static int pilihan;
public static double luas,kel;
public static void menu(){
System.out.println("1.
Segitiga SamaKaki ");
System.out.println("2.
SegiEmpat ");
System.out.println("3.
Lingkaran ");
System.out.print("Masukkan
Pilihan : ");
pilihan = input.nextInt();
}
public static void pilih(){
if(pilihan==1){
segitiga();
}else if(pilihan==2){
segiempat();
}else if(pilihan==3){
lingkaran();
}else{
System.out.println("Pilihan
tidak ada");}
}
public static void hasil(double luas,
double kel){
System.out.println("Luas =
"+luas);
System.out.println("Keliling
= "+kel);
}
public static void segitiga(){
double miring,alas,tinggi;
System.out.print("Masukkan
Alas : ");
alas = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan
Tinggi : ");
tinggi = input.nextDouble();
miring = alas*tinggi;
luas = 0.5*alas*tinggi;
kel = (2*miring)+alas;
hasil(luas, kel);
}
public static void segiempat(){
double s;
System.out.print("Masukkan
Sisi : ");
s = input.nextDouble();
luas = s*s;
kel = 4*s;
hasil(luas, kel);
}
public static void lingkaran(){
double r,phi=3.14;
System.out.print("Masukkan
Jari-Jari : ");
r = input.nextDouble();
luas = phi*r*r;
kel = 2*phi*r;
hasil(luas, kel);
}
public static void main(String args[]){
menu();
pilih();
}
Baca juga :
Segitiga Sama Kaki |
SegiEmpat |
Lingkaran |
PENJELASAN SINGKAT
Artikel lain Program Segitiga Bintang Menggunakan JAVA
Post a Comment for "Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran"