Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran

Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran

Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga SegiEmpat dan Lingkaran

Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran - Atikel ini saya akan membuat Program JavaScript untuk menghitung luas dan keliling dari Segitiga sama kaki, SegiEmpat dan juga lingkaran, namun pada program ini saya membuatnya dengan menggunakan METHOD.

Method dalam pemrograman Java adalah sebuah blok program terpisah (diluar program utama) yang kita gunakan untuk mempermudah didalam membuat sebuah program, terutama program yang besar dan banyak melakukan beberapa hal yang sama.
Tujuannya agar memecah program kompleks menjadi bagian-bagian kecil sehingga nantinya dapat kita gunakan secara berulang-ulang tanpa harus menulis baris kode yang sama. Jika anda pernah mendengar istilah prosedur dan fungsi atau mungkin juga function, pada dasarnya sama. Namun dalam Java kita akan menyebutnya sebagai Method.

Pengertian Prosedur, Fungsi, dan Method :

  • Prosedur adalah sebutan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Fungsi ini biasanya ditandai dengan kata kunci void.
  • Fungsi adalah sebutan untuk fungsi yang mengembalikan nilai.
  • Method adalah fungsi yang berada di dalam Class. Sebutan ini, biasanya digunakan pada OOP.

Karena saya menggunakan Method maka bentuk Programnya seperti berikut :

import java.util.Scanner;

public class tugas{

     public static Scanner input = new Scanner(System.in);

     public static int pilihan;

     public static double luas,kel;

     public static void menu(){

                 System.out.println("1. Segitiga SamaKaki ");

                 System.out.println("2. SegiEmpat ");

                 System.out.println("3. Lingkaran ");

                 System.out.print("Masukkan Pilihan : ");

                 pilihan = input.nextInt();

     }

     public static void pilih(){

                 if(pilihan==1){

                             segitiga();

                 }else if(pilihan==2){

                             segiempat();

                 }else if(pilihan==3){

                             lingkaran();

                 }else{

                             System.out.println("Pilihan tidak ada");}

     }

     public static void hasil(double luas, double kel){

                 System.out.println("Luas = "+luas);

                 System.out.println("Keliling = "+kel);

     }

     public static void segitiga(){

                 double miring,alas,tinggi;

                 System.out.print("Masukkan Alas : ");

                 alas = input.nextDouble();

                 System.out.print("Masukkan Tinggi : ");

                 tinggi = input.nextDouble();

                 miring = alas*tinggi;

                 luas = 0.5*alas*tinggi;

                 kel = (2*miring)+alas;

                 hasil(luas, kel);

     }

     public static void segiempat(){

                 double s;

                 System.out.print("Masukkan Sisi : ");

                 s = input.nextDouble();

                 luas = s*s;

                 kel = 4*s;

                 hasil(luas, kel);

     }

     public static void lingkaran(){

                 double r,phi=3.14;

                 System.out.print("Masukkan Jari-Jari : ");

                 r = input.nextDouble();

                 luas = phi*r*r;

                 kel = 2*phi*r;

                 hasil(luas, kel);

     }

     public static void main(String args[]){

                 menu();

                 pilih();

     }

}
Baca juga :
OUTPUT :
Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran
Segitiga Sama Kaki

Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran
SegiEmpat

Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran
Lingkaran



PENJELASAN SINGKAT

Program ini merupakan penggabungan dari tiga bangun datar yang menggunakan method yang bertujuan agar dapat memecah program kompleks menjadi bagian-bagian kecil agar dapat digunakan lagi tanpa harus mengetik baris node yang sama, pada bagian public void ada yang tidak menggunakan parameter seperti “public static void pilih()” da nada juga yang menggunakan parameter contohnya “public static void hasil(double luas, double kel)” pada method diatas juga bersifat static dan bertype void.

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat buat kalian
bagikan keteman-teman yang jika mereka membutuhkan -//-


Post a Comment for "Program Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Segiempat dan Lingkaran"