Data Organization Dan Metadata Konsumen Yang Dilakukan GRAB
Data Organization Dan Metadata Konsumen Yang Dilakukan GRAB - Studi Kasus
Data Organization Dan Metadata Konsumen Yang Dilakukan GRAB - Sama seperti Gojek yaitu perusahaan startup yang bergerak di bidang transportasi penyedia jasa bagi pengemudi untuk mengatar konsumen ke tujuan, mengantarkan pesanan makanan ataupun barang dan lain sebagainya sesuai fasilitas yang disediakan oleh aplikasi.Kali ini kita akan melakukan studi kasus terkait apasih contoh organisasi data yang dilakukan GRAB pada tahapan Curating Data?. Dan bagaimanakah Metadata dari konsumen GRAB, mari kita simak bersama.
A. Metadata
Metadata merupakan suatu informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan ataupun membuat dan menjadikannya informasi yang mudah untuk diketemukan kembali. Metadata sendiri mengandung sebuah informasi mengenai isi suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file atau bisa saja data tersebut diperlukan dalam suatu basis data.
Nah menurut saya bagian-bagian dibawah ini yang merupakan metadata pada konsumen grab karena informasi yang berkaitan dengan konsumennya dan juga informasi yang penting bagi perusahaan.
Metadata Konsumen Grab :
- Nama
- Alamat Email
- Identifikasi
- Jenis Kelamin
- Tanggal Lahir
- Agama
- Informasi Kesehatan
- Informasi Kendaraan dan Asuransi
- Informasi Data Telematika (Mitra pengemudi)
- Gambar, Suara atau Video Konsumen (Mitra Pengemudi)
- Lokasi Konsumen (Mitra Pengiriman)
- Tanggapan, Peringkat Konsumen (Mitra Pengiriman)
- Informasi Perangkat Konsumen (Mitra Pengiriman dan Mitra Pengemudi)
- Informasi Transaksi Konsumen (Mitra Pengiriman).
B. Organisasi Data
Organisasi Data Merupakan praktik mengkategorikan dan mengklasifikasikan data agar lebih bermanfaat. Mirip dengan folder file, tempat menyimpan dokumen penting, Anda perlu mengatur data Anda dengan cara yang paling logis dan teratur sehingga Anda atau siapa pun yang mengaksesnya dapat dengan mudah menemukan apa yang dicari.
Apa saja yang dilakukan perusahaan grab untuk membuat organisasi data dengan tahapan atau proses curating data, mari kita lihat pernyataan dibawah ini.
Organisasi Data yang dilakukan Grab pada tahapan Curating Data :
1. Pengumpulan Data PribadiMulai dari data pribadi mitra pengiriman dan data pribadi mitra pengemudi yang dikumpulkan dari formulir pendaftaran atau melengkapi profil penggunaan layanan GRAB.
2. Penggunaan Data Pribadi
Betujuan untuk menyediakan layanan dan fitur kepada konsumen, keselamatan dan keamanan serta dukungan terhadap pelanggaan.
3. Pemeliharaan Data Pribadi
Diperlukan untuk memenuhi Tujuan yang diuraikan dalam Kebijakan ini kecuali diperlukan periode penyimpanan yang lebih lama atau diizinkan oleh hukum.
4. Pemindahan Data Pribadi secara internasional
Data Pribadi costumer dapat ditransfer dari negara, negara asal atau kota tempat costumer berada saat menggunakan Layanan GRAB ke negara atau kota lain.
5. Perlindungan data Pribadi
Pihak GRAB akan mengambil tindakan hukum yang layak, tindakan-tindakan organisasi dan teknis untuk memastikan bahwa data personal costumer terlindungi.
2. Penggunaan Data Pribadi
Betujuan untuk menyediakan layanan dan fitur kepada konsumen, keselamatan dan keamanan serta dukungan terhadap pelanggaan.
3. Pemeliharaan Data Pribadi
Diperlukan untuk memenuhi Tujuan yang diuraikan dalam Kebijakan ini kecuali diperlukan periode penyimpanan yang lebih lama atau diizinkan oleh hukum.
4. Pemindahan Data Pribadi secara internasional
Data Pribadi costumer dapat ditransfer dari negara, negara asal atau kota tempat costumer berada saat menggunakan Layanan GRAB ke negara atau kota lain.
5. Perlindungan data Pribadi
Pihak GRAB akan mengambil tindakan hukum yang layak, tindakan-tindakan organisasi dan teknis untuk memastikan bahwa data personal costumer terlindungi.
Post a Comment for "Data Organization Dan Metadata Konsumen Yang Dilakukan GRAB"